Advertisement
Berita  

Andi Herfida Muchtar Lantik Pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba

LASKARINFO, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menghadiri pelantikan pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten Bulukumba Periode 2023-2026.

Setelah dilantik bulan lalu oleh ibu Gubernur di Makkasar, Bunda PAUD Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar menindaklanjuti dengan melantik dan mengukuhkan puluhan pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba di Gedung PKK Bulukumba, Rabu, 14 Juni 2023.

Andi Herfida Muchtar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan hal mendasar dalam pembentukan karakter anak, seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan spiritual.

“Anak-anak usia dini terlebih dahulu harus dibentuk karakternya. Kemudian, dia bisa tahu seperti apa budaya bangsa Indonesia dan daerah tercinta Bulukumba,” ujarnya seusai melantik pengurus Pokja Bunda PAUD Bulukumba.

BACA JUGA:   Wujud Kepedulian, Kapolsek Ujung Loe Besuk Anggotanya Yang Sedang Sakit

Kurikulum yang dulu katanya, anak-anak dituntut untuk pandai membaca dan menulis saat masuk bangku sekolah dasar. Seiring dengan perkembangan, maka kurikulum pun berubah.

“Sekarang sudah ada pembaharuan kalau pondasi bagi anak-anak PAUD adalah pembentukan karakter. Ini yang penting untuk diketahui oleh anak-anak usia dini,” jelas Andi Herfida.

Kadis Kebudayaan Kota Makassar ini berpendapat, anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap ditulisi apa pun di atasnya. Atau dalam perspektif ajaran agama Islam menyebutnya “fase fitrah”, artinya bersih dan polos.

“Peran orang tua dan para gurulah yang akan berperan mengisi dan membentuknya. Pendidikan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan menjadi pondasi dan dasar baginya sebelum pendidikan kognitif lainnya diberikan,” kata Andi Herfida.

BACA JUGA:   Cungkil Sadel Motor di Pangkep, Warga Kecamatan Tallo dibekuk polisi

Istri dari Bupati Bulukumba ini menyebutkan peran Bunda PAUD dan Pokja PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini.

“Pentingnya pendidikan sejak kecil supaya terus berbekas, maka ada pepatah mengatakan belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa seperti mengukir di atas air,” jelas Andi Herfida.

Ia pun melontarkan apresiasi untuk tugas dan tanggung jawab Pokja Bunda PAUD Bulukumba untuk ambil peran membantu program-program pemerintah daerah demi mewujudkan generasi emas Bulukumba.

BACA JUGA:   Laskar Info Berbagi Diawali di Panti Asuhan Arriyadh Bulukumba

“Semoga melalui pelantikan Pokja PAUD ini, kita bisa mewujudkan harapan bahwa anak-anak Indonesia khususnya di Bumi Panrita Lopi dapat memperoleh pendidikan PAUD yang berkualitas,” imbuhnya.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi pelantikan Pokja Bunda PAUD Bulukumba tersebut. Ia berharap keberadaan Pokja Bunda PAUD Bulukumba dapat menunjukkan peran yang lebih nyata.