Advertisement
Berita  

Andi Ical Peretas Paradigma Politik Klasik

Dari buruh pabrik, bertani dan pemecah batu krikil 

Kepala Desa Padangloang, Muhammad Rizal. [Hendra Wiranto/Laskarinfo.com]
Kepala Desa Padangloang, Muhammad Rizal. [Hendra Wiranto/Laskarinfo.com]

Andi Ical sapaan akrab Andi Muhammad Rizal, Pemuda kelahiran 1985 yang berhasil menjadi pemimpin di desa industri pasir dan batu kerikil di Bulukumba.

Memberi kejutan dengan menumbangkan incumbent pada periode pertamanya, Andi Ical terpilih sebagai kepala desa di Desa Padangloang, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2016 silam, kemudian periode ke II pada pertarungan Pilkades serentak 2022 yang baru saja usai digelar 9 November lalu. Andi Ical kembali menggemparkan publik dengan mengungguli suara diantara 4 rivalnya.

Siapa Andi Ical?
Pertanyaan ini kerap muncul dalam perbincangan di Kabupaten Bulukumba, Pasalnya, Pemimpin muda alumni STISIP Makassar itu telah berhasil menjadi objek kecintaan masyarakat di Desa Padangloang.

Andi Ical merupakan putra ketiga dari Alm. Andi Rajamuddin Bin Andi Bintang, ia dikenal sebagai sosok yang ramah dan mudah bergaul. Dari kedua orangtuanya yang bekerja sebagai seorang petani, Tak heran jika Andi Ical kecil menghabiskan masa kanak-kanaknya di sawah dan di ladang seperti anak-anak perani pada umumnya. Andi Ical tumbuh menjadi sosok remaja yang ulet dan pekerja keras, tak heran jika Andi Ical dikenal sebagai pria yang mandiri diantara teman sebayanya.

BACA JUGA:   Berkat Sektor Pertanian, Pertumbuhan Ekonomi Bantaeng Tembus 15,45 Persen

Bicara Histori perjalanan hidupnya semasa sekolah di SMP 3 Ujungloe hingga SMA Negeri 1 Ujungloe, Ical selalu memanfaatkan waktu luangnya, sepulang sekolah, dirinya bekerja sebagai buruh pabrik, bertani dan pemecah batu krikil hingga memecah batu kerikil. hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya. Sebagai remaja yang mandiri, Ical menjadi tulang punggung untuk keluarga sederhananya kala itu.

Loncatan cara berpikirnya yang hebat, sebagai pemuda yang visioner, dirinya mulai merancang peradaban hidupnya di usia yang relatif mudah, Ical mulai berpikir untuk membangun keluarga barunya. Pada tahun 2007 diusianya yang ke 22 tahun, ia memantapkan diri untuk mempersunting wanita pilihan hatinya. Saat ini Keluarga hebat itu telah dikaruniai dua orang putri dan satu orang putra.

BACA JUGA:   Tingkatkan Kapasitas, Panwascam Kindang Bedah Perbawaslu dan PKPU

Darmawati, wanita itulah yang menemani perjuangan Andi Ical dari masa-masa sulitnya hingga dinobatkan sebagai pemimpin Desa Padangloang melalui pilkades 2016 silam.
Benar kata pepatah, “Dibalik kesuksesan seorang pria ada wanita hebat disisi nya.”

Darma, wanita sederhana seorang sarjana pendidikan Islam, ia dikenal sebagai sosok yang religius, ramah dan progresif. Tak heran jika sosoknya dikenal sebagai perempuan kuat. Ibu dari 3 anak itu mampu menjadi primadona para ibu-ibu di desanya. Betapa tidak, ia mampu menempatkan diri sebagai ibu rumah tangga yang baik, sekaligus menjadi istri seorang pejabat publik di Desa Padangloang tanpa melihat sekat.

BACA JUGA:   Binrohtal Personel Polres Bulukumba, Perbaiki Akhlak Dalam Melayani Masyarakat.

Awal karir Andi Ical menjadi seorang Kepala Desa melalui demokrasi Pilkades 2016. Dirinya mengaku hanya sebagai calon titipan dari incumbent, sebagai salah satu strategi incumbent, memenangkan pertarungan. Andi Ical dipasang untuk maju mencalonkan diri sebagai pemecah suara basis lawan politiknya. Namun beruntungnya, Andi Ical sebagai seorang calon yang tidak pernah diperhitungkan dalam Pikades tersebut justru memenangkan kontestasi dengan memperoleh suara tertinggi.