Advertisement

Andi Makkasau Ketua Forum Perencana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan di Bulukumba

LASKARINFO, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan pengurus Forum Perencana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Kabupaten Bulukumba periode 2022 – 2025, Senin (16/10) di RM Sulawesi.

Mereka yang dikukuhkan masing masing Ketua Dr.Ir.H.Andi Makkasau,ST, MM dari unsur pengusaha, Sekertaris Wahyuddin, S.STP, M,Si, unsur Pemerintah, H.M.Idris Aman, unsur Akademisi, Supriadi dari unsur pengusaha sebagai anggota, serta Kabid Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan juga selaku anggota.

Bupati Bulukumba HA.Muchtar Ali Yusuf menyampaikan, seiring dengan dinamika global dan tuntutan zaman, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko menjadi langkah yang semakin penting untuk memastikan kelangsungan dan keberlanjutan usaha.

BACA JUGA:   Grand Opening Bolu Susu Bira di Bulukumba, Penawaran Khusus Beli 3 Hanya Rp100 Ribuan

Menurutnya, perizinan yang tepat tidak hanya membuka pintu menuju peluang, tetapi juga menjadi pondasi kuat bagi pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.
Dengan pendekatan berbasis risiko, kita dapat mengidentifikasi dan mengelola potensi risiko secara proaktif.

”Ini bukan hanya tentang meminimalkan risiko, tetapi juga memahami bagaimana merespons dan mengadaptasi perubahan yang tak terhindarkan.
Dengan begitu, perusahaan dapat menjalani proses perizinan dengan lebih efisien dan mengoptimalkan peluang yang ada,” papar Bupati.

Disebutkan, proses perizinan berusaha berbasis risiko juga melibatkan pihak berkepentingan, mulai dari pemerintah, pelaku bisnis, hingga masyarakat.

BACA JUGA:   Peduli Literasi, Polwan Polres Bulukumba Bagikan Buku Ke Siswa Sekolah Dasar

” Sinergi antara semua pihak ini adalah kunci keberhasilan dalam menciptakan lingkungan bisnis yang berkelanjutan dan sejalan dengan nilai-nilai masyarakat,” katanya.

Disampaikan, melalui pengembangan sistem perizinan yang responsif terhadap risiko, kita dapat menciptakan iklim usaha yang lebih terbuka, inovatif, dan berorientasi pada hasil yang berkelanjutan.
Jadi katanya, ini bukan hanya tentang mendapatkan ijin, tetapi juga bagaimana mengelola perizinan sebagai alat untuk mencapai tujuan jangka panjang dan memberikan dampak positif bagi semua pihak yang terlibat.

”Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk melangkah maju dalam mengembangkan sistem perizinan berusaha berbasis risiko yang efektif dan adil. Dengan demikian, kita dapat mewujudkan visi bersama untuk menciptakan lingkungan bisnis yang inklusif, berkelanjutan, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,” ajak Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba.

BACA JUGA:   Jalan Tani, Permudah Akses Petani

Dalam peraturan pemerintah terkait Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, beberapa poin penting yang biasanya ditekankan melibatkan pendekatan proaktif terhadap risiko, transparansi, dan keterlibatan pihak berkepentingan.