Advertisement
Berita  

Bantaeng Raih Adipura ke-9 Berkat Program Kampung Iklim

LASKARINFO, BANTAENG — Kabupaten Bantaeng kembali meraih piala Adipura tahun ini. Piala Adipura ini adalah piala ke-9 yang diterima Kabupaten Bantaeng secara berturut-turut.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menerima langsung piala Adipura ini di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (28/2). Piala Adipura Kategori Kota Kecil itu diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan didampingi oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan bahan Berbahaya dan beracun (PSLB3).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing mengatakan, piala itu adalah piala yang diterima Bantaeng secara berturut-turut. Dia menyebut, pada 2020 dan 2021, Kementerian Lingkungan Hidup tidak melakukan penilaian Adipura karena Pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Nuzulul Qur'an, Andi Utta Ajak Warga Bulukumba Jaga Persaudaraan

Pada 2022, kata Nasir, Kementerian Lingkungan Hidup akhirnya melakukan penilaian kembali. Hanya saja, model penilaian Adipura ini berubah.

“Penilaian Adipura ini berubah 100 persen. Sangat detail penilaiannya,” kata dia.

Nasir menyebut, penilaian Adipura tahun ini sangat ketat. Tidak hanya menilai soal kebersihan kota saja, melainkan juga terkait dengan kinerja pemerintah daerah untuk mengelola sampah.

“Meski format penilaiannya berubah, kita tetap berhasil meraih piala ini,” kata Nasir Awing.