Advertisement

Bunga Telang dan Berbagai Macam Manfaatnya

LASKARINFO, BULUKUMBA — Tanaman hias telah menjadi salah satu tren populer di kalangan pecinta taman dan penghuni rumah. tidak hanya memberikan keindahan visual yang menawan, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Salah satu tanaman hias yang menarik perhatian adalah bunga telang. Dikenal dengan penampilan yang mencolok, bunga telang memiliki warna biru keunguan yang memukau, kelopak berbentuk corong, dan mahkota berbentuk kupu-kupu.

Namun, keindahan estetikanya hanyalah salah satu aspek dari tanaman ini, karena bunga telang juga memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh.

BACA JUGA:   IPPQ Belajar Meneladani Kearifan Lokal

Pertama-tama, bunga telang memiliki sifat yang sangat baik dalam menghias ruangan. Ketika ditempatkan dalam vas atau pot, bunga-bunga ini memberikan sentuhan eksotis dan menarik bagi setiap interior rumah.

Warna biru keunguannya yang langka juga menambah keindahan dan ketertarikan estetika yang unik. Bunga telang sering digunakan dalam pengaturan dekoratif pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau pesta, dan memberikan nuansa yang elegan dan menawan.

Selain keindahannya, bunga telang juga memiliki manfaat medis. Bunga ini mengandung senyawa aktif yang dikenal sebagai anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan.

BACA JUGA:   Jelang Rekapitulasi dan Penetapan DPT, Bawaslu Bulukumba minta Masyarakat Pastikan Terdaftar dalam DPT

Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit.

Konsumsi atau penggunaan produk yang mengandung ekstrak bunga telang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Bunga telang juga memiliki manfaat kosmetik. Ekstrak bunga telang sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Manfaatnya meliputi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi peradangan pada kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memberikan nutrisi pada rambut.