Advertisement

Bupati Bulukumba Minta Pelaku UMKM Tidak Bermental Selalu Menunggu Bantuan

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf. (Istimewa)

LASKARINFO.COM, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf meminta kepada pelaku UMKM agar tidak bermental selalu menunggu bantuan.

Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu menginginkan pelaku UMKM memiliki motivasi kerja yang tinggi, tidak cepat puas dan lebih mandiri.

Kata dia, semakin banyak pelatihan atau bimbingan teknis yang dilaksanakan, maka diharapkan kualitas UMKM Bulukumba semakin baik, serta menjadi wadah sharing pengetahuan dan pengalaman antara sesama pelaku UMKM.

Andi Utta optimis UMKM Bulukumba akan bangkit sepanjang pelaku UMKN terus melakukan inovasi. Menurutnya UMKM kita masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan UMKM di Negara Asia lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Cina. Bahkan Cina yang kekuatan ekonominya paling kuat bertumbuh dari UMKM.

BACA JUGA:   Upacara Hardiknas 2023, Pemkab Sinjai Launching Sepekan Semarak Hardiknas Tingkat Kabupaten

“Di sana (Cina), sparepart motor maupun mobil merupakan hasil produksi industri rumah tangga. Mereka bekerja dalam diam, tidak banyak bicara tapi produktif,” beber Andi Utta pada kegiatan bersama jajaran STIEM Bongaya di ruang pola kantor Bupati, Senin (28/11/2022).

Perkembangan UMKM Bulukumba, katanya sudah mulai nampak dengan adanya produk-produk yang sudah dikenal, baik itu souvenir maupun produk makanan dan minuman.

“Jika UMKM bergerak, artinya ekonomi bergerak. Jika ekonomi terpuruk artinya sektor lain juga akan terpuruk,” ungkap Andi Utta.

Andi Utta mengajak para pelaku usaha untuk jangan pernah berhenti berkarya dan berinovasi, karena di tangan para pelaku usahalah, Kabupaten Bulukumba ini akan maju dan sejahtera.

BACA JUGA:   Soal Boikot Paripurna RAPBD Perubahan Tahun 2022, Ini Jawaban Pemkab Bulukumba

EDITOR: Erun DK