Advertisement

Dalam Upaya Mencegah Virus, Sebanyak 423 Ekor Sapi Lakukan Vaksinasi Di Desa Bontoharu

laskarinfo.com,Bulukumba – Dalam menjaga kesehatan ternak sapi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba, lakukan vaksinasi Jembrana di Desa Bontoharu Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba, Selasa (05/03/2024).

Petugas Paramedis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bulukumba. Ade Restu menyampaikan, kegiatan vaksinisasi tersebut, merupakan upaya pemerintah, dalam mengendalikan penyakit Jembrana pada sapi Bali di Kabupaten Bulukumba.

“Vaksinasi tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mengendalikan penyakit Jembrana pada sapi Bali di Kabupaten Bulukumba khususnya Desa Bontoharu. Dan juga penyakit Jembrana hanya menyerang Sapi Bali (tidak menular pada sapi jenis lain) dan tidak bersifat zoonosis, penyakit ini juga tidak dapat menular dari hewan ke manusia maupun sebaliknya,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kadisparpora Minta KNPI Berikan Karya Nyata Memajukan Bulukumba

Lebih lanjut Ia jelaskan bahwa, virus penyebab penyakit Jembrana dapat masuk ke tubuh hewan, melalui kontak langsung. Akan tertular dan bisa juga disebarkan melalui insekta penghisap darah.

“Karena bukan zoonosis, maka masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daging sapi,” tambahnya.