Advertisement
Berita  

Hari Otoda 2023, Bupati Bantaeg Jadi Komandan Upacara, Libatkan Seluruh Kepala Daerah di Indonesia

LASKARINFO, MAKASSAR — Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin menjadi komandan upacara hari Otonomi Daerah (Otoda) 2023 di anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu, 29 April 2023. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn)Muhammad Tito Karnavian menjadi inspektur upacara ini.

Dalam kesempatan itu, Tito Karnavian menyebut, upacara ini adalah upacara kenegaraan terbesar yang melibatkan kepala daerah yang ada di Indonesia. Panitia mencatat, ada 600 kepala daerah atau yang mewakili menghadiri upacara itu.

“Ini adalah upacara terbesar di Indonesia yang dihadiri kepala daerah. Sebanyak 70 persen kepala daerah hadir tanpa di wakili,” kata Tito.

BACA JUGA:   Pansus Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak dan Retribusi Daerah Melanjutkan Rapat

Dia mengatakan, pada Januari lalu, Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) memang telah melakukan pertemuan dengan seluruh kepala daerah dan Forkopimda yang ada di Indonesia. Pertemuan ini digelar di Sentul, Jakarta dan dipimpin langsung oleh presiden RI, Joko Widodo.

“Tapi itu, adalah kegiatan indoor. Kalau kegiatan outdoor, yang di Makassar ini yang terbesar,” kata dia.

Tito mengaku berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini. Dia menyebut, Otonomi Daerah memiliki banyak nilai positif. Salah satunya adalah, otonomi daerah memberikan kesempatan untuk semua orang menjadi kepala daerah.

BACA JUGA:   Ketua Pimcab PKN Bulukumba, Arman Firdaus Tegaskan Tidak Akan Gunakan Politik Uang

“Sehingga, timbul mutiara-mutiara yang terpendam dari proses Otoda ini.
Sepertinya contohnya, Bapak Presiden kita yang sebelumya menjadi wali kota, kemudian jadi gubernur dan akhirnya menjadi presiden,” kata dia.