Advertisement
Berita  

Inacraft 2023, Tenun Kajang dan Pinisi Bulukumba Terpajang Stand Utama Sulawesi Selatan

LASKARINFO, JAKARTA — Pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara bertajuk Inacraft kembali dilaksanakan di Jakarta Convention Center, mulai 1-5 Februari 2023.

Pada Inacraft ke 23 tahun ini, Provinsi Sulawesi Selatan menjadi ikon atau tema pameran. Saat pembukaan yang dibuka Menteri Pariwasata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno diawali dengan tarian A’bulo Sibatang di atas panggung megah yang berbentuk mirip rumah adat khas Sulawesi Selatan.

Pembukaan pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2023, berlangsung meriah di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu 1 Maret 2023.

BACA JUGA:   Tahun ini, 6 Even Sport Tourism akan dilaksanakan di Kawasan Wisata Tanjung Bira

Selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pameran bertajuk “The 23 Jakarta International Handicraft Trade Fair” itu dihadiri oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, dan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman beberapa kepala daerah se Sulawesi Selatan termasuk Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf.

“Alhamdulillah, kembali hari ini Inacraft hadir di tengah masyarakat Indonesia dan dunia,” ungkap Ketua Umum Asosiasi Exportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan dalam sambutannya.

Pameran masih mengangkat persoalan serupa tahun-tahun sebelumnya, yaitu “From Smart Village to Global Market”. INACRAFT ke-23 berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:   Jurnalis Bulukumba Aksi Cuci Seragam Polisi di Depan Kapolres

Ikon pameran menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif sekaligus mengangkat kekayaan tradisi, seni, dan budaya Sulawesi Selatan dengan tagline “The Authentic South Sulawesi”.
Ada sekitar 1.200 stand produk yang ditampilkan selama pameran.

Andi Sudirman menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kini sedang gencar mewujudkan misi untuk mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan.

“Kami mencoba untuk bagaimana mengembalikan kejayaan- kejayaan yang pernah ada di Sulawesi Selatan, Termasuk diantaranya dalam tema yang kami usung, salah satunya kejayaan sutera,” ungkap Andi

Untuk mewujudkan misi itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencoba untuk memberdayakan UMKM dan meningkatkan standarisasi produk.

BACA JUGA:   DPRD Bulukumba Terima Rancangan KUA-PPAS APBD Perubahan Tahun 2023

Sementara itu, Sandiaga Uno melanjutkan pesan dari Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.