Advertisement

Ini Nama Nama Anggota DPRD Terpilih Dapil Bulukumba 3, Pertarungan Sengit Internal PKB Lahirkan 2 Kursi

Grafik Perolehan Suara Pileg Dapil Bulukumba 3. [Doc Laskarinfo.com]

LASKARINFO.COM, BULUKUMBA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba Sulawesi Selatan telah merampungkan rekapitulasi perhitungan perolehan suara pada Pemilu, Pilpres dan Pileg 2024, Senin (04/03/2024) dini hari.

Berdasarkan hasil rekapitulasi untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Bulukumba tiga yang meliputi 2 kecamatan yakni Bulukumpa dan Rilau Ale Melahirkan nama nama anggota DPRD yang di dominasi wajah baru untuk mengisi 9 kursi.

Berikut pemenang Pileg Dapil Bulukumba 3 beserta perolehan suaranya;

Pertarungan Sengit Internal PKB

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sukses meraih 2 kursi di Dapil Bulukumba 3. Dari penambahan kursi tersebut terjadi pertarungan salip menyalip suara antara para pendatang baru. Sementara incumbent Andi Erlina Halmin mempertahankan kursinya dengan 2326 perolehan. Kursi kedua PKB yang diperebutkan antara Nurlina dengan Andi Ningrat Mahawardana. Andi Ningrat dengan 1536 suara harus berbesar hati merelakan kursi kedua PKB untuk Nurlina dengan 1538 suara. Hanya selisih 2 suara. Sementara PKB berhasil meraup 11937 suara dan menjadi pemenang di Dapil Bulukumba 3.

BACA JUGA:   Bakti Ganjar Milenial Center di Bulukumba

Gerindra Kehilangan 1 Kursi

Pada Pileg 2024 di Dapil Bulukumba 3, Partai Gerindra harus legowo kehilangan satu kursi. Selain kehilangan kursi Gerindra juga kehilangan figur incumbent dan digantikan wajah baru, Muh Arief HS dengan memperoleh 2635 suara. Petahana legislator, Ahmad Saiful 1239 suara dan Kahar Muda 2326 suara dengan keseluruhan total suara yang diraih Gerindra sebanyak 7180 belum mampu untuk menambah perolehan kursi.

Incumbent Golkar Digantikan

Di partai Golkar figur incumbent, Sitti Aminah juga tergantikan oleh H. Bahtiar yang merupakan politisi senior partai Golkar. Dirinya meraih suara 1372 sementara incumbent hanya mampu di angka 890 suara. Secara keseluruhan Golkar meraih 3063 suara, terbilang cukup mengamankan 1 kursi.

BACA JUGA:   Dimana Dana Saksi Partai Golkar Bulukumba: Kader Ungkap Hal Ini

Legislator Senior Nasdem Masih Perkasa

Petahana dewan sekaligus politisi senior partai Nasdem, Syarifuddin masih tangguh untuk digantikan. Legislator yang terkenal ramah ini rupanya masih disukai masyarakat dapil Bulukumba 3, terbukti dengan 1665 suara yang diraihnya menjadi yang tertinggi di internal struktur caleg Nasdem. Sementara Nasdem mengumpulkan 7255 suara keseluruhan di Dapil Bulukumba 3.

PKS Lagi Tangguh-Tangguhnya

PKS lagi Tangguh-tangguhnya di Pemilu/Pileg Bulukumba 2024 merupakan hal yang wajar. Di 5 Dapil Bulukumba, kursi untuk PKS semuanya terisi bahkan ada yang dapat 2. Selain Dapil Bulukumba 1, PKS juga sukses mengunci 2 kursi di Dapil Bulukumba 3. Andi Tenri Ita Maharani dengan 2044 suara disusul Umy Asyiatun Khadijah 1679 suara, keduanya merupakan figur perempuan, pendatang baru yang masih muda. Sementara total keseluruhan 8405 suara yang hadir untuk PKS.

BACA JUGA:   Bawaslu Bantaeng Gelar Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

Wajah Baru Pertahankan Kursi PAN