Advertisement
Berita  

Jelang Pelantikan, DPMD Bulukumba Kumpulkan 31 Kades Terpilih

Kepala DPMD Bulukumba, Akhmad Januaris (kanan) saat menyampaikan imbauan pada 31 Kades terpilih.
Kepala DPMD Bulukumba, Akhmad Januaris (kanan) saat menyampaikan imbauan pada 31 Kades terpilih.

LASKARINFO.COM BULUKUMBA — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bulukumba mulai merancang skema pelantikan bagi 31 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak, pada 9 November 2022 lalu.

Olehnya, DPMD Bulukumba mengumpulkan 31 Kades terpilih guna membahas persiapan dan teknis pelantikan, yang akan digelar di Stadion Mini Bulukumba, pada Jumat, 16 Desember 2022 mendatang.

Kadis DPMD Bulukumba, Akhmad Januaris meminta 31 kades terpilih di delapan kecamatan, untuk sama-sama mengantisipasi agar pelantikan nanti dapat berlangsung dengan kondusif, tertib, aman dan damai.

BACA JUGA:   Masyarakat Papua Terdampak Kekeringan Terima Bantuan 264,7 Ton Beras dari Kapolri

Menurutnya salah satu langkah antisipatif, yaitu para kades yang akan dilantik untuk tak memobilisasi massa secara berlebihan. Sehingga, kata Januaris, massa yang hadir secukupnya saja.

“Mari sama-sama mengantisipasi agar massa tak membeludak di lokasi pelantikan,” kata Ahmad Januaris saat rapat koordinasi dengan para Kades terpilih, Selasa, 6 Desember 2022.

Mantan Kadis Pendidikan Bulukumba ini berpandangan bahwa perbedaan pilihan adalah keniscayaan dalam suatu pesta demokrasi seperti Pilkades yang digelar dalam setiap enam tahun sekali.

Dengan demikian, Januaris mengajak seluruh kades terpilih untuk membangun komunikasi ke semua elemen masyarakat, tanpa pandang bulu.

BACA JUGA:   Lomba Desa tingkat Kabupaten Kembali Digelar

“Dalam Pilkades, selalu ada dinamika. Perbedaan pilihan itu, mutlak dalam sebuah demokrasi. Saatnya bersatu membangun desa dan daerah kita bersama,” jelasnya.

Januaris juga menjelaskan bahwa pada pelantikan nanti, pihaknya mengundang sekira 800an lebih orang.

“Kita undang semua kades terpilih bersama istri atau suaminya. Kita juga undang ketua BPD, panitia pemilihan kepala desa, serta kepala dusun,” katanya.

Ia mengatakan, dengan pelantikan kades terpilih nanti, maka saat itu SK (Surat Keputusan) penjabat kades di 31 desa juga berakhir.

“Pelantikan akan mengawali mereka bekerja. Masa jabatan kades terhitung sejak tanggal pelantikan,” terang Januaris.