Advertisement

Jelang Pemungutan Suara, Bawaslu Bulukumba Bekali Pengetahuan ke Saksi Partai

laskarinfo.com,Bulukumba – Perkuat kapasitas, Bawaslu Bulukumba gelar pelatihan saksi partai politik. Sejauh ini sudah ada beberapa partai politik yang sudah pelatihan seperti PKB, PPP, PBB, PKS dan Golkar yang akan digelar besok.

“Pelatihan saksi bagi peserta Pemilu tahun 2024 yang dilakukan oleh Bawaslu Bulukumba adalah merupakan amanah pasal 351 UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, sebagaimana disebutkan dalam ayat (3) bahwa pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara disaksikan oleh saksi peserta Pemilu dan selanjutnya ayat (8) saksi sebagaimana dimaksud ayat (7) dilatih oleh Bawaslu,” jelas Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar. Minggu (4/2/2024).

BACA JUGA:   Berikut Nama Nama Anggota DPRD Terpilih Dapil Bulukumba 2, Golkar Kokoh Dipuncak

Saksi peserta Pemilu adalah merupakan elemen penting yang berada dalam tempat pemungutan suara selain KPPS dan Pengawas TPS yang memiliki kewenangan untuk memastikan Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara dilakukan secara profesional, prosedur dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jelasnya.

Ketua Bawaslu Bulukumba Bakri Abubakar mengungkapkan, hak dan kewajiban yang dimiliki oleh saksi yang, telah mengikuti pelatihan.