Advertisement

Kabar Gembira, Wakil Ketua Umum Apdesi Minta Jabatan Kepala Desa Bisa Sampai 27 Tahun

Kabar Gembira, Wakil Ketua Umum Apdesi Minta Jabatan Kepala Desa Bisa Sampai 27 Tahun.
Kabar Gembira, Wakil Ketua Umum Apdesi Minta Jabatan Kepala Desa Bisa Sampai 27 Tahun.

LASKAR INFO JAKARTA — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) meminta supaya jabatan Kepala Desa tidak hanya sembilan tahun. Namun bisa sampai tiga periode yakni 27 tahun. Hal tersebut di ungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Apdesi Sunan Bukhari, Senin, 23 Januari 2023.

Dia menjelaskan alasannya mengusul masa jabatan kepala desa bisa sampai 27 tahun. Pasalnya, masa jabatab dua periode akan merugikan kepala desa.

“Kami rekomendasi supaya jabatan itu bukan lagi 9 tahun 3 periode, tapi tiga periode 27 tahun. Alasannya, Kepala Desa yang sudah menjabat dari masa sekarang itu, otomatis tidak bisa mencalonkan lagi jadi kepala desa ada yang satu, dua, tiga periode. Kalau misalnya tidak di setujui 3 periode, tentu akan jadi masalah bagi kepala desa yang sudah mejabat dua periode,” kata Sunan, dalam jumpa pers di Sunbreeze Hotel, Jakarta Pusat di lansir dari detik.com.

BACA JUGA:   Dari Modal Terbatas Menjadi Sukses: Kisah Inspiratif Sarjana Peternakan Universitas Hasanuddin

Menurut Sunan, Kepala Desa yang jabatan 6 tahun itu tidak mengikuti, secara otomatis tidak jadi 9 tahun. Hl tersebut menjadi kerugian tersendiri bagi kepala desa yang telah menjabat dua periode.

Jabatan Bisa 27 Tahun

“Dia di cintai rakyatnya, di dukung rakyatnya, tapi tidak bisa melanjutkan program masa pengabdiannya, tidak bisa mencalonkan lagi. Jadi kita bercerita Indonesia, 33 provinsi merekomendasikan jika pemerintah serius menyepakati 9 tahun 3 periode. Supaya kepala desa yang dua periode ini bisa terfasilitasi dengan baik,” kata dia.

Sunan mendesak pemerintah untuk memasukkan usulannya itu ke dalam revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 sebelum Pemilu 2024 mendatang. Ia tidak mau wacana pemerintah terkait perpanjangan jabatan hanya sebatas janji palsu.