Advertisement
Berita  

Kesbangpol Rekrut Ratusan Informan, Dibekali Ilmu Intelejen

LASKARINFO, BULUKUMBA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyosialisasikan dan meluncurkan inovasi PENDEKAR atau Tim Pendeteksi Ketenteraman dan Ketertiban. Peluncuran inovasi ini, dihadiri ratusan perangkat desa di Pendopo Rujab Bupati Bulukumba, Senin, 10 Juli 2023.

Sosialisasi ini, juga menghadirkan dua narasumber, yaitu Kapolres Bulukumba AKBP Ardyansyah dan Pasi Intel Kodim 1411 Bulukumba Letda Inf Riswanda.

Kepala Kesbangpol Bulukumba, Ahmad Arfan menyampaikan maksud dan tujuan peluncuran inovasi PENDEKAR. Ia menyebut, tim pendeteksi ketenteraman dan ketertiban di desa/kelurahan amat penting.

BACA JUGA:   Alumni Unhas Bulukumba Akan Gelar Reuni Pertama

“Salah satu doktrin mendasar bagi kita di pemerintahan bahwa tak satu pun daun jatuh di wilayah kita yang tidak diketahui. Artinya apa?. Semua kegiatan yang terjadi di wilayah kita, mesti kita tahu,” katanya.

Hanya saja menurut Arfan, faktanya sekarang jangankan daun yang jatuh, skala lebih besar seperti sapi yang mati tidak diketahui. Kenapa ini terjadi?. Katanya karena informasi yang diperoleh terbatas.

“Terkadang lebih dahulu muncul di media sosial, baru kita tahu informasi tersebut,” ujarnya.

Arfan mengatakan bahwa atas dasar itulah, maka Kesbangpol mendorong lahirnya inovasi ini. Dengan begitu, Kesbangpol ingin merekrut jajaran pemerintah desa/kelurahan untuk jadi informan.

BACA JUGA:   Atlet Paralympic Siap Harumkan Nama Bulukumba

“Jadi, informan ini nanti mencari informasi dan memberi laporan kepada pemerintah di atasnya, termasuk kepada Kepala Desa, Camat sampai Bupati,” katanya.