Advertisement
Berita  

Komitmen Kawal Hak Pilih, Bawaslu Maksimalkan Pengawasan DPTb dan DPK

LASKARINFO, BULUKUMBA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memaksimalkan pengawasan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) pada pemilu serentak tahun 2024. Hal ini sebagai wujud komitmen Bawaslu Bulukumba dalam mengawal hak pilih.

“Mari kita kawal hak pemilih supaya bisa menggunakan suaranya pada Pemilu 2024. Lalu dijaga agar suara tidak disalahgunakan,” ungkap Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli saat memberikan arahan pada fasilitasi dan pelaporan hasil pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih yang berlangsung di RM HDR, Jum’at (15/9/2023).

BACA JUGA:   Aksi Terpuji Briptu Ayu, Bantu Warga Yang mengalami Kehilangan

Mardiana menjelaskan tugas Bawaslu memastikan akurasi data yang tepat saat hari pemungutan suara. Supaya surat suara tidak disalahgunakan.

Sebagai salah satu upaya Bawaslu menjaga hak pilih para pemilih pada pesta demokrasi tahun depan, pihaknya memasttikan akurasi data tersebut. Sehingga pada tahapan yang berjalan, pengawas pemilu harus memastikanya sesuai prosedur dengan memaksimalkan pencegahan, baik melalui imbauan maupun koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak.

Ditempat yang sama, Anggota Bawaslu Bulukumba Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Wawan Kurniawan meminta jajaran Panwaslu Kecamatan untuk memaksimalkan fungsi pencegahan, ini dilakukan sebagai upaya menekan potensi pelanggaran selama tahapan berlangsung.