Advertisement
Berita  

Kukuhkan Pengurus Masjid Terapung Tanjung Bira, Bupati Andi Utta : Pembangunan Masjid Ini Penuh Perjuangan

LASKARINFO, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan pengurus Masjid Terapung Thalhah Ubaidillah yang berada di Pantai Tanjung Bira. Pengukuhan dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu 8 Oktober 2023.

Sejak selesai dan diresmikan pada Februari 2023 yang lalu, untuk pertama kalinya pengurus masjid ini terbentuk untuk periode 2023-2026. Terpilih sebagai Ketua Umum, H. Ariawan, Sekretaris Umum, Darwis dan Bendahara Umum, Syahrir.

Andi Utta sapaan akrab bupati menyampaikan jika pembangunan Masjid Terapung itu memiliki cerita yang cukup panjang dan penuh perjuangan.

BACA JUGA:   Resmikan Kotaku, Bupati Bulukumba Minta Warga Jaga Keindahan Taman Teko

Ketika anggarannya sudah diplot di APBD dan ditenderkan, tidak langsung dikerjakan karena harus dapat izin dari pusat. Masjid ini bukan masjid biasa karena lokasinya berada di atas laut sehingga harus ada persetujuan dari KKP (Kementerian Kelautan Perikanan).

“Jelang akhir tahun baru keluar izinnya sehingga waktu pekerjaan mepet. Namun Alhamdulillah bisa diselesaikan tepat waktu di akhir tahun 2022 dan diresmikan pada momentum Hari Jadi Bulukumba, Februari yang lalu,” ungkap Andi Utta yang hadir bersama istri Andi Herfida Muchtar.

Andi Utta mengaku terlibat langsung memberikan masukan dalam pembuatan desain, termasuk rancangan penggunaan pipa paralon untuk tiang pancangnya sehingga kelihatan lebih rapi dan tampak kokoh. Saat pekerjaan pun, Andi Utta mengaku selalu kontrol karena saat itu lagi musim barat dimana angin laut sangat kencang.

BACA JUGA:   Dodol Balibo: Kelezatan Khas dari Kindang, Kabupaten Bulukumba

Olehnya itu, Bupati Andi Utta berharap pengurus masjid terapung ini dapat mengelola mengelola rumah ibadah tersebut dengan baik, terutama pada aspek kebersihan dan pemeliharaannya.