Advertisement
Berita  

Menggerakkan Ekonomi Pertanian Desa

Maksimalkan Potensi Penggarapan Lahan

Kepala Desa Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali (Foto.Int)
Kepala Desa Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali. (Foto:Int)

LASKAR INFO.COM BULUKUMBA — Pertanian merupakan salah satu pekerjaan warga Desa. Progres peningkatan ekonomi melalui pertanian kini mulai digagas.

Salah satu Desa di Kabupaten Bulukumba yang kini melakukan perubahan pola pertanian adalah Desa Bontonyeleng Kecamatan Gantarang. Pemanfaatan musim selah menjadi bagian penting peningkatan ekonomi warga melalui pertanian.

Perubahan pola pikir warga menjadi target utama Kepala Desa Bontonyeleng, Andi Baso Mauragawali. Dia mengaku, saat ini pihaknya sedang mengubah pola pertanian warga desanya.

Kepada Laskar Info, Pria yang akrab di sapa Opu ini mengungkapkan, petani di desanya telah menanam jagung dan kacang tanah sekira 25 hektare. Saat ini, para petani sedang panen kacang tanah dan jagung sembari menunggu musim tanam padi.

BACA JUGA:   Meski Diguyur Hujan, Upacara Hari Jadi Bhayangkara Ke-77 Berjalan Lancar

Pemerintah Desa Bontonyeleng juga telah memberikan subsidi bibit kacang tanah sekira 1 ton dan bibit jagung sekira 300 kg melalui program ketahanan pangan.

“Subsidi yang diberikan pada petani harus tepat. Tentu dengan melihat kondisi geografis desa,” kata Andi Baso Mauragawali. Sabtu, 5 November 2022.

Dia mengungkapkan, menggeser dominasi penanaman padi perlahan mulai dilakukan. Targetnya, petani hanya melakukan penanaman padi hanya dua kali selama setahun. Di musim selah, petani juga dua kali menanam tanaman holtikultura.