Advertisement

Parkir Liar Pengunjung RS Yasira Disorot Warga, Dishub Pertanyakan Ijin Andalalin

FOTO. Suasana lalu lintas di depan RSIA Yasira Bulukumba. (Ist)

LASKARINFO.COM, BULUKUMBA — Parkiran pengunjung Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Yasira Bulukumba menuai sorotan warga, pasalnya banyak pengunjung yang memarkirkan kendaraannya secara liar hingga mengakibatkan sepanjang jalan tersebut rawan mengalami kemacetan.

Diketahui RSIA Yasira berada di Jl. Kusuma Bangsa Polewali, Kecamatan Gantarang, Bulukumba.

Dari pantauan laskarinfo.com, kemacetan tersebut terjadi akibat maraknya pengunjung RSIA Yasira yang melakukan parkir liar disepanjang bahu jalan dikarenakan fasilitas dan kuota parkir untuk kendaraan roda 4 RSIA tersebut dianggap tidak memadahi.

Bahkan akibat semrawutnya lalu lintas di area tersebut kadang menimbulkan kecelakaan.

BACA JUGA:   Kepala Kesbangpol Hadiri Pelantikan DPK KNPI se Kabupaten Bulukumba

Demikian dikeluhkan salah satu pengendara, Azisul mengaku kerap terjebak macet di sekitar jalan tersebut. katanya, lahan parkir untuk kendaraan roda 4 yang disediakan pihak RSIA Yasira kuotanya minim. Hal itu, kata Azisul, membuat pengunjung melakukan parkir liar di sekitar bahu jalan.

“Apalagi ini adalah jalan nasional, harusnya ada pengatur lalu lintas yang disediakan pihak rumah sakit,” keluhnya, Rabu (19/10/2022).

Tak hanya Azisul. Tidak adanya pengatur lalu lintas di depan RSIA tersebut menuai kritikan dari Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bulukumba, Irsan. Ia menyayangkan pihak Rumah Sakit tidak menyediakan petugas pengatur lalu lintas. Paling tidak, katanya, melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub).

BACA JUGA:   Jelang Hari Jadi ke-63, DLHK Jaga Kebersihan Dalam Kota Bulukumba

“Hanya juru parkir yang ada di rumah sakit itu, tapi bukan petugas pengatur lalu lintas,” Kata Ketua II Bidang Aksi dan Advokasi PMII itu.

Menanggapi hal tersebut, aktivis PMII itu mengaku sementara melakukan kajian dan advokasi terkait tidak terlibatnya Dishub dalam penertiban pengendara di depan RSIA. Bahkan ketidakterlibatan dishub tersebut, Irsan menduga karena pihak RSIA Yasira belum memenuhi dokumen prasyararatnya.

“Kita sementara cari tahu, apakah dokumen prasyaratnya telah terpenuhi, terutama Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) sebagai landasan pengajuan tenaga pengatur lalu lintasnya,” Jelasnya.