Advertisement
Berita  

PDNA Bulukumba Gandeng RISE Gelar FGD Isu KIA

LASKARINFO, BULUKUMBA — Pimpinan Daerah Nasyiatul Asiyiyah Bulukumba bersama Yayasan Remaja Indonesia Sehat (RISE) gelar forum dengar pendapat tentang isu kesehatan ibu dan anak (KIA), kegiatan ini berlangsung di Aula STIKES Panrita Husada Bulukumba, Senin (13/2/2023)

Evi Sulviana fasilitator FGD menjelaska FGD ini bertujuan untuk
menggali dan mendengar pengalaman dan masukan dari masyarakat tentang isu KIA melalui dialog interaktif. Melakukan diskusi antar kelompok dan menuliskan informasi terkait latar belakang profil, hambatan, motivasi, kebutuhan, serta pendukung dalam isu (KIA) selanjutnya menyusun rekomendasi bersama masyarakat sipil terkait program dan kebijakan KIA.

BACA JUGA:   Miris! Kakek Lumpuh di Bulukumba Diduga Jadi Korban Pilkades, Bantuan Kursi Rodanya Diambil Kembali

Dari Diskusi setiap profil ini ada beberapa tantangan yang di hadapi yakni, inovasi dalam program kelas ibu hamil, serta efektivitas kelas ibu dan balita, ketersediaan darah bagi ibu hamil, pendataan bumil yang terupdate sehingga membantu mendeteksi permasalah bumil seperti Adminduk, BPJS, jelasnya.

Sementara untuk profil remaja kata evi terletak pada efektivitas forum remaja yang perlu aktifkan sehingga dapat menjadi forum untuk sharing tentang kesehatan reproduksi, tempat konseling bagi remaja, dan menjadi wadah pengembangan bagi remaja. Sementara untuk profil petugas kesehatan, bidan, dan kader posyandu tantangan yang di hadapi peningkatan kapasitas SDM, serta sarana dan prasarana.