Advertisement
Berita  

Pengendali MKTR Lirik Investasi Pelabuhan di Kabupaten Bantaeng

LASKARINFO, BANTAENG — Pendiri PT Maktour, Fuad Hasan Masyhur melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bantaeng, Kamis, 9 Maret 2023. Kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, DR Ilham Syah Azikin di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.

Kunjungan ini berkaitan dengan rencana pengembangan kawasan pelabuhan di Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng. Dalam sesi persentase, disebutkan jika kawasan pelabuhan ini akan menjadi salah satu pendukung keberadaan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA).

Manajer Operasional PT Bantaeng Sinergi Cemerlang (Perseroda), Ansar Kaimuddin mengatakan, PT Basic sebagai pengelola KIBA akan menyediakan lahan seluas 100 hektare di kawasan laut Bantaeng. Selain itu, ada pula lahan seluas 50 hektare di kawasan darat.

BACA JUGA:   Kapolda Sulsel Andi Rian Puji Bupati Andi Utta: Pembangunan Bulukumba Luar Biasa

“150 hektare ini akan dipersiapkan untuk pengembangan kawasan pelabuhan,” kata Ansar.

Dia mengatakan, kawasan pelabuhan ini akan mendukung keberadaan Kawasan Industri Bantaeng (KIBA) seluas 30.151 hektare. Sejauh ini, KIBA hanya didukung oleh pelabuhan sementara (Jetty). Meski demikian, aktivitas bongkar muat di pelabuhan sementara ini cukup signifikan.

“Kita sudah ada aktivitas hingga 12 kapal per hari di jetty,” jelas Ansar.

Ansar juga menambahkan, saat ini sudah ada 11 perusahaan yang menanamkan investasinya di KIBA. Total lahan yang sudah menjadi slot perusahaan seluas 600 hektare.