Advertisement
Berita  

Persiapkan Visitasi ADWI 2023, Disparpora Galang Kolaborasi

LASKARINFO, BULUKUMBA — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan visitasi Tim penilai dan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Desa Wisata Andalan Lembanna Kecamatan Bontobahari.

Langkah awal yang dilakukan adalah menggalang kolaborasi dengan beberapa pihak atau stakeholder terkait baik di lingkup pemerintah daerah, organisasi mitra pariwisata maupun perbankan dan lembaga lainnya, Kamis 30 Maret 2023 di Villa Mandala Kawasan Wisata Mandalaria Desa Lembanna.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga H. Daud Kahal mengkoordinir pertemuan dalam membangun kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat dukungan ke Pemerintah Desa, Kelompok Sadar Wisata Andalan, serta masyarakat setempat.

BACA JUGA:   Dewan Berang, Anggaran Rp5 Miliar Untuk Porprov Diduga Dipakai KONI untuk Pelantikan

Penguatan peran masing-masing pihak dalam memenuhi kriteria penilaian yang meliputi kelembagaan, daya tarik pengunjung, home stay dan toilet, souvernir, digital dan kreatif, serta kelembagaan desa wisata dan CHSE.
Desa Wisata Andalan masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) setelah melewati tahapan seleksi dan masuk dalam 500 besar, selanjutnya lolos 300 besar dan akhirnya finis di 75 besar. Dalam proses awal ADWI 2023 terdaftar lebih dari 4500 desa wisata di seluruh Indonesia.