Advertisement
Berita  

Pilkades Barombong, DPMD Bulukumba Sosialisasi Penggunaan e-Voting

Pertama di Bulukumba

Tim Teknis bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) melakukan sosialisasi penggunaan alat e-Voting menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Barombong,
Tim Teknis bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) melakukan sosialisasi penggunaan alat e-Voting menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Barombong. (Foto: Istimewa)

LASKARINFO.COM BULUKUMBA — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bulukumba, melalui Tim Teknis bersama Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) melakukan sosialisasi penggunaan alat e-Voting menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Barombong, Kecamatan Gantarang.

Kadis DPMD Bulukumba Akhmad Januaris menjelaskan selama pelaksanaan sosialisasi ini, bahkan dimulai dari Bimtek (bimbingan teknis) kepada PPKD, itu berjalan lancar dan mudah dipahami.

Selain itu, kata mantan Kadis Pendidikan tersebut, sosialisasi kepada warga Desa Barombong, juga tidak ada hal-hal yang akan menghambat pemilihan.

“Saya melihat, masyarakat cepat memahami pola dan praktek pelaksanaan e-Voting. Kami harap pelaksanaan dan hasil Pilkades sukses,” kata Akhmad Januaris.

BACA JUGA:   Pemkab Bulukumba Gagas Pendidikan Kembali ke Alam di Sekolah

Ketua PPKD Desa Barombong, Agustiawan menyatakan bahwa sosialisasi e-Voting kepada warga dilakukan di lokasi berbeda di tiga dusun. Hari pertama, katanya, dusun Tala, kemudian hari kedua dusun Baruttungnge dan terakhir di dusun Tambung Batue.

“Sambil sosialisasi kepada warga, PPKD juga diajar dari Tim Kabupaten. Insya Allah kami sudah bisa,” ujarnya, kemarin.

Setelah sosialisasi penggunaan e-Voting itu, katanya lagi, ternyata pengoperasiannya lebih mudah dibanding memilih secara manual, serta bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jadi, saya melihat, tidak ada lagi suara yang tidak sah. Misalnya kalau memilih di kertas surat suara, ada yang memilih dua calon. Namun memilih dua calon dengan menggunakan komputer, hasilnya tidak akan keluar. Harus memilih salah satunya,” urainya.