Advertisement
Berita  

Rakernis Penanganan Pelanggaran Pemilu, Panwaslu Kecamatan Diminta Pahami Aturan dan Praktik Simulasi

LASKARINFO, BULUKUMBA — Dalam menyamakan persepsi penanganan pelanggaran pemilu, Bawaslu Bulukumba melakukan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Pelanggaran bagi seluruh Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini dalam rangka menyamakan persepsi dan penerapan tentang Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilu, sehingga dapat pemahaman yang tuntas, Panwaslu Kecamatan dapat memahami apa itu laporan dan temuan dalam penanganan pelanggaran pemilu,” kata Bakri Abubakar saat memberi sambutan pada rapat kerja teknis penanganan pelanggaran pemilu di RM HDR, Caile. Sabtu (11/3/2023).

BACA JUGA:   Bulukumba Terima Penghargaan Peduli HAM

Anggota Bawaslu Bulukumba Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Dalam sambutannya Bakri Abubakar menjelaskan jika kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan penyamaan persepsi pengawas pemilu, untuk menghadapi pemilu serentak tahun 2024 yang begitu kompleks.

Menurutnya, pengawas pemilu perlu memahami pembaharuan aturan teknis dengan membaca, baik Pengetahuan hukum maupun pengetahuan teknis pengawasan serta melatih praktik dalam kegiatan simulasi-simulasi.

Bakri meminta agar Panwaslu Kecamatan sering membaca dan memahami aturan baru seperti Perbawaslu 7/2022 dan Peraturan KPU (PKPU) terbaru yang berhubungan dengan penanganan pelanggaran pemilu, termasuk kembali membaca UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.