Advertisement
Berita  

Safari Ramadan, Tanpa Buka Puasa Bersama

LASKARINFO, BULUKUMBA — Bulan ramadan kembali bersua. Sesuai sidang isbat pemerintah melalui Kementerian Agama, 1 ramadan 1444 hijriah jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 yang lalu.

Seperti tahun sebelumnya, dalam mengisi bulan suci ramadan, pihak Pemerintah Kabupaten Bulukumba kembali akan menggelar Safari Ramadan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Safari Ramadan kali ini tidak lagi dibagi dua tim yang masing masing dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati. Namun Safari Ramadan tahun ini disatukan, sehingga bupati dan wakil bupati akan hadir di 10 kecamatan.

BACA JUGA:   Andi Herfida Muchtar Inspirasi di Balik Sukses Dekranasda Bulukumba di Sulsel Craft

Kabid Humas Diskominfo, Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan, karena tidak lagi dibagi dalam dua tim, sehingga jadwal Safari Ramadan cukup panjang atau 10 hari. Namun demikian pelaksanaannya dilakukan 3 kali dalam sepekan yang dimulai setiap hari Minggu.

Dikatakan, meski ada surat edaran Mendagri terkait peniadaan buka puasa, namun kata Andi Ulla sapaan akrabnya, Pemerintah Kabupaten Bulukumba tetap menggelar Safari Ramadan di 10 kecamatan. Bedanya cuma tidak ada buka puasa bersama sebagaimana tahun tahun sebelumnya.

“Pemkab tetap menggelar Safari Ramadan karena tidak bertentangan dengan Surat Edaran Mendagri tentang Peniadaan Buka Puasa Bersama. Bedanya cuma tidak ada lagi buka puasa bersama,” ungkap Andi Ayatullah Ahmad, Minggu 26 Maret 2023

BACA JUGA:   Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Bupati Bulukumba: Hidup Bersih Dimulai di Lingkungan Keluarga

Untuk diketahui kegiatan buka puasa bersama selama Safari Ramadan sudah dianggarkan dalam APBD setiap tahunnya. Namun karena ada larangan dari pemerintah pusat, sehingga kegiatan buka puasa bersama ini tidak lagi dilaksanakan.

Meski tidak ada buka puasa bersama, agenda Safari Ramadan tetap berlangsung seperti shalat Isya dan Tarwih berjamaah di masjid salah satu desa/kelurahan yang ditunjuk.

Di masjid (lokasi Safari Ramadan), Pemkab Bulukumba akan menyerahkan bantuan pembangunan masjid secara simbolis, begitu pula bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bulukumba yang akan memberikan bantuan kepada guru mengaji tradisional dan warga prasejahtera.

BACA JUGA:   Cuaca Buruk, Nelayan Bantaeng Diimbau Tidak Melaut

Adapun pelaksanaan Safari Ramadan akan dimulai pada hari ini Minggu 26 Maret di Kecamatan Rilau Ale, tepatnya di Masjid Babul Jannah Kelurahan Palampang.

Berikut Jadwal Lengkap Safari Ramadan dan tempatnya :