Advertisement

Tim Penyidik Kejati Sulsel Amankan Bukti Terkait Kasus Mafia Tanah di Proyek Bendungan Paselloreng

LASKARINFO, MAKASSAR — Tim Penyidik pada Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan melakukan tindakan penyidikan dengan penggeledahan di dua tempat pada tanggal 02 Agustus 2023. Tempat pertama adalah Kantor Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pembangunan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Provinsi Sulawesi Selatan, dan tempat kedua adalah Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Wajo.

Hasil penggeledahan di Kantor SNVT Pembangunan Bendungan BBWS Pompengan meliputi 89 bundel dokumen terkait kasus, seperti dokumen tahapan persiapan perencanaan pengadaan tanah, dokumen pelaksanaan pengadaan tanah, dan lain-lain. Sementara di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Wajo, ditemukan 13 bundel dokumen terkait kawasan hutan, pengadaan tanah bendungan Paselloreng, serta beberapa perangkat elektronik.

BACA JUGA:   Percepatan Investasi, PT Basic Dorong Pembangunan Pelabuhan Ekspor

Seluruh dokumen dan barang bukti yang ditemukan akan dianalisis lebih lanjut dan diajukan untuk penyitaan sebagai alat bukti dalam pembuktian dugaan mafia tanah pada kegiatan pembayaran ganti rugi lahan proyek strategis nasional pembangunan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo pada tahun 2021.