Advertisement

Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga, Pemdes Sopa Kindang Bagikan Ribuan Pohon

LASKARINFO, BULUKUMBA — Pemerintah Desa (Pemdes) Sopa Kecamatan Kindang membagikan 1026 Pohon bibit alpukat varian cipedak dan Ijo Panjang dan lengkeng kepada warganya. Pembagian bibit alpukat dan lengkeng ini dimaksudkan untuk menjaga ketahanan pangan.

Kepala Desa (Kades) Sopa, Saleh, SKM, pengadaan bibit alpukat tersebut berasal dari dana desa sejumlah kurang lebih Rp 200 juta. Dari dana desa yang diterima menurut peraturan menteri, 20 persen dari dana desa digunakan untuk ketahanan pangan.

“Jadi ekspektasi saya, ketika bibit ini tumbuh semisal 1.000 batang pada panen perdana. Tiga tahun lagi panen perdana, per batang bisa 30 – 40 kilogram, misal saja nanti harganya per kilogram Rp10.000 begitu sudah berapa hasilnya,” katanya, Rabu (3/5/2023).

BACA JUGA:   Hari Libur, Bupati Andi Utta Kendarai Motor Keliling Kindang

lanjut kades Sopa mengatakan, selain bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Desa Sopa, pemberian bibit alpukat varian cipedak dan Ijo Panjang serta lengkeng tersebut juga diharapkan memberikan dampak ikutan seperti adanya ekosistem alpukat dan lengkeng sehingga nantinya Sopa menjadi Desa Agro Buah.