Advertisement
Berita  

Tingkatkan Mutu Layanan Klinik, Dinkes dan USAID Momentum Gelar Binwil

LASKARINFO, BULUKUMBA — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Kesehatan bersama USAID MOMENTUM lakukan Bina Wilayah (Bina Wilayah) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se Kabupaten Bulukumba.

Bina Wilayah ini fokus pada Pemantauan dan Evaluasi terhadap Kepatuhan Standard Pelayanan Maternal dan Neonatal di FKTP Swasta Jejaring oleh Puskesmas di Kabupaten Bulukumba.

District Coordinator USAID Momentum, Arifah Ulviah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam upaya pencapaian mutu pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan swasta.

“Dalam memastikan proses mutu di FKTP khususnya klinik swasta, USAID MOMENTUM dan Dinas Kesehatan melibatkan Puskesmas melakukan monitoring dan penjaminan terhadap proses peningkatan mutu layanan di klinik dalam jejaringnya,” ungkap Arifah, saat pelaksanaan Binwil, Kamis 30 Maret 2023.

BACA JUGA:   Bupati Andi Utta Bersama Gubernur dan Beberapa Kepala Daerah Kunker ke Australia

Tahun lalu USAID Momentum, kata Arifah telah memfasilitasi workshop di tingkat provinsi dalam rangka penguatan puskesmas melakukan pembinaan wilayah (Binwil) terhadap FKTP jejaring di wilayah kerjanya untuk memastikan kepatuhan terhadap pemenuhan standar mutu pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir dan pelaksanaan POCQI (Point’ of Care Quality Improvement) dan siklus PDSA (Plan, Do, Study and Action)

“Sebagai tindak lanjut, tahun ini dilaksanakan Binwil ke klinik swasta terpilih dampingan USAID Momentum yakni Klinik Naufal oleh Puskesmas Salassae dan Dinas Kesehatan Bulukumba,” ungkapnya.