Advertisement

Uppo, Salah Satu Program Pemerintah Dalam Mengatasi Kelangkaan Pupuk

LASKARINFO, BULUKUMBA — Sapi Uppo mulai dikenal masyarakat Bulukumba pada tahun 2022, sesuai namanya sapi ini bukan jenis sapi pada umumnya melainkan singkatan dari Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO).

Program UPPO merupakan upaya memperbaiki kesuburan lahan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yang difasilitasi dengan pembangunan Unit Pengolah Pupuk Organik.

Program UPPO, untuk mendorong percepatan pengembangan penerapan pupuk organik di tingkat petani, meningkatkan optimalisasi penggunaan pupuk organik, dan akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani. Bantuan UPPO diarahkan pada daerah yang memiliki potensi sumber bahan baku pembuatan kompos, terutama produk tanaman organik, kotoran ternak/hewan dan sampah organik pada sub sektor tanaman pangan, hortikultura dan  perkebunan rakyat.

BACA JUGA:   Kendaraan DLHK, Tangani Kebersihan Bulukumba

Bantuan pemerintah untuk kegiatan UPPO diberikan untuk beberapa tujuan yang meliputi : pembangunan rumah kompos dan bak fermentasi; pembangunan kandang komunal; pengadaan ternak; Pengadaan Alat Pengolah Pupuk Organik (APPO); serta pengadaan alat angkut kendaraan roda 3.