Advertisement
Berita  

Verval BPJS di Bulukumba: Mobil Mewah dan Data Tidak Valid Terungkap

LASKARINFO, BULUKUMBA — Pemerintah Kabupaten Bulukumba sedang giat melakukan verifikasi dan validasi (Verval) terhadap data kepesertaan BPJS Kesehatan kategori Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bulukumba. Dalam rangka melakukan Verval tersebut, Dinas Sosial telah membentuk enam tim verval yang akan turun ke 136 desa kelurahan selama 2 minggu, dimulai sejak Senin 10 Juli yang lalu. Tim Verval ini terdiri dari beberapa perangkat daerah, termasuk Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, dan Bappelitbangda.

Tugas utama tim Verval adalah melakukan pengecekan data penerima BPJS PBI yang sebelumnya telah disurvei langsung oleh petugas di setiap desa kelurahan. Mereka akan memeriksa data mengenai warga penerima BPJS PBI yang telah meninggal dunia, berpindah domisili, dan warga yang sebenarnya sudah mampu namun masih menikmati bantuan iuran BPJS.

BACA JUGA:   Aksi Terpuji Briptu Ayu, Bantu Warga Yang mengalami Kehilangan

Kabid Humas Andi Ayatullah Ahmad, yang juga menjadi anggota tim Verval, mengungkapkan bahwa temuan petugas di lapangan menunjukkan masih ada orang yang sudah meninggal dunia namun masih menerima pembayaran BPJS. Hal ini merugikan daerah karena masih banyak warga miskin yang seharusnya mendapatkan bantuan iuran BPJS namun belum menerima.

Selain itu, temuan di lapangan juga mencakup warga “penikmat” BPJS atau kategori mampu yang ternyata memiliki mobil pribadi. Bahkan, ada kasus di suatu desa di mana seorang penerima iuran BPJS memiliki 5 mobil.