Advertisement
Berita  

Wabup Edy Manaf Soroti Tingkat Kehadiran PNS Rendah

LASKAR INFO, BULUKUMBA — Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba Andi Edy Manaf memimpin Apel Gabungan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba, di halaman Kantor Bupati, Senin 13 Februari 2023.

Pada apel gabungan kali ini, Wabup Edy Manaf melihat tingkat kehadiran PNS yang mengikuti apel sangat rendah, bahkan di jajaran pejabat eselon 2, hanya 8 orang dari 27 kepala OPD. Kondisi ini sangat disayangkan oleh Wakil Bupati yang menurutnya pimpinan OPD harus menjadi contoh bagi bawahannya.

Dalam amanatnya, Wabup Edy Manaf mengatakan salah satu variabel dari kinerja PNS adalah kedisiplinan waktu atau kehadiran masuk kantor, termasuk kewajiban mengikuti Apel Gabungan setiap hari Senin.

BACA JUGA:   TNI Polri tetap selalu solid menjaga kondusifitas di Makassar dan umumnya di Sulawesi Selatan

“Tingkat kehadiran itu baru salah satu ukuran, belum kita lihat apa yang PNS kerjakan,” ungkap Edy Manaf.

Lebih lanjut dikatakan bahwa PNS harus memahami jika masyarakat masih membutuhkan pelayanan dari pemerintah. Pemulihan ekonomi juga belum tuntas sehingga penting pemerintah daerah terus bekerja melalui berbagai program yang dibutuhkan.

“Program pemerintah itu harus berdampak, dan bagaimana kita harus memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat,” pintanya.

Di triwulan pertama ini, tambahnya justru kinerja ASN harus dipermantap untuk mempersiapkan rencana program kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, termasuk mengevaluasi kegiatan tahun anggaran 2022 yang lalu, dimana saat ini BPK sudah mulai melakukan pemeriksaan laporan keuangan.

BACA JUGA:   Kontroversi Putusan MK Terkait Batas Usia Calon Wakil Presiden

Ia mengaku jangan karena adanya isu mutasi, semangat dan kinerja ASN menjadi menurun. Menurutnya ASN yang berorientasi mengejar jabatan itu hanya selalu membahas masalah mutasi.