Advertisement
Daerah  

4 Mahasiswa Pascasarjana Unifa Jadi Pembicara Dalam Seminar Generasi Gen Z

LASKAR INFO MAKASSAR – Sebagai bagian dari tugas mata kuliah Seminar Karya Ilmiah, mahasiswa Pascasarjana Universitas Fajar (Unifa) menggelar seminar bertema “Media Sosial dan Generasi Z : Dua Sisi Mata Pisau”, Sabtu 21 Januari 2023.

Seminar digelar secara daring dan dihadiri puluhan peserta.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unifa, Dr. Muhammad Asdar, mengatakan bahwa seminar tersebut merupakan kewajiban dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata kuliah Seminar Karya Ilmiah.

“Mata kuliah ini hanya ada di Pascasarjana Unifa, ini sebagai upaya membiasakan mahasiswa untuk seminarkan karya ilmiah yang dibuatnya, sehingga saat ujian proposal maupun seminar hasil mereka sudah terbiasa,” kata Muhammad Asdar.

BACA JUGA:   Jabat Ketua IKA, SDY Ingin Alumni Unhas Tebarkan Kebaikan

Empat mahasiswa yang menjadi pembicara yakni Muhammad Salih, Darmawati Kadir, Nurfajri Mursalin, dan Pratiwi Puji Lestari secara lugas membahas bagaimana perkembangan media sosial dan generasi Z khususnya di Indonesia.

Sebagai pembicara pertama, Muhammad Salih menjelaskan tentang teori generasi dan memetakan pembagian generasi mulai dari generasi Baby Boomers, Gen X, Y, Z, hingga generasi Alpha. Menurutnya, Gen Z merupakan generasi melek teknologi dan tumbuh berkembang di tengah kemajuan arus informasi.

“Generasi Z sangat dekat dengan perangkat teknologi dan sulit terpisahkan dengan android hampir di seluruh sisi kehidupan mereka, ada penelitian yang bahkan menyimpulkan bahwa gen Z sudah menganggap smartphone sebagai cara hidup, ini tidak pernah terjadi di usia yang sama pada generasi sebelumnya,” katanya.