Advertisement
Berita  

Pemkab Bantaeng Gerak Cepat Tangani Sembilan Titik Abrasi di Pantai Seruni

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memantau sejumlah ruas jalan di kawasan Pantai Seruni dan Kampung Cabodo yang terdampak Abrasi, Minggu, 25 Desember 2022
Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memantau sejumlah ruas jalan di kawasan Pantai Seruni dan Kampung Cabodo yang terdampak Abrasi, Minggu, 25 Desember 2022

LASKARINFO, BANTAENG — Angin kencang dan kenaikan curah hujan di sebagian wilayah Bantaeng memberikan dampak terhadap kondisi pesisir Bantaeng. Di antaranya adalah wilayah pantai Seruni, Minggu, 25 Desember 2022.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantaeng mendata ada sembilan titik kerusakan badan jalan di wilayah Pantai Seruni dan kampung Cabodo, akibat abrasi. Abrasi ini diperkirakan terjadi sangat cepat akibat tingginya ombak di kawasan pesisir Seruni, sejak beberapa hari lalu.

Kepala Dinas PU Bantaeng, Andi Sjafruddin Magau mengatakan, dari data sementara, ada sembilan titik badan jalan yang terkena abrasi di kawasan Pantai Seruni dan Kampung Cabodo. Dua titik di antaranya beresiko merusak jembatan di kawasan Kampung Cabodo.

BACA JUGA:   Generasi Muda Bulukumba Siap Mengibarkan Bendera Merah Putih pada HUT RI ke-78

“Oleh karena itu, kita berupaya melakukan penanganan sementara, supaya jembatan ini tidak putus,” jelas dia.

Pria yang akrab disapa Andi Uti ini mengaku mengerahkan 50 truk timbunan material bebatuan untuk menutup titik-titik yang terkena abrasi itu. Hal ini, kata dia, adalah penanganan sementara untuk mengantisipasi abrasi makin meluas.

“Kita kerahkan 50 truk material bebatuan untuk menimbun. Supaya abrasinya tidak meluas,” kata dia.

Dia juga mengaku akan melakukan koordinasi dengan balai jalan untuk upaya penanganan jangka panjang dampak abrasi ini. Meski demikian, pemerintah Kabupaten Bantaeng juga akan berupaya untuk menyiapkan anggaran untuk penanganan sementara.